Uninstall Program Yang "Stuck" di Process Manager

Ditulis oleh , pada 28 November 2010 | 0 Komentar »

Artikel ini dituliskan atas permintaan seorang teman (Rizka Syahputri) yang laptopnya mengalami masalah saat uninstall dua buah aplikasi beberapa hari lalu.
Studi Kasus :
1. Aplikasi TCWin45 (Turbo C) ingin di-remove karena aplikasi ini sudah tidak digunakan lagi setelah praktikum. Tetapi terjadi pembatalan pada saat dihapus karena ada aplikasi yang masih berjalan dari direktori /pipeline/.
2. Aplikasi Akuntansi Jamparing 1.1 yang akan diuninstall tidak mempunyai unistall wizard, dan tidak tercantum pada Add Remove Programs. Dimana database MS Access juga masih dalam keadaan running.
Perangkat yang kita butuhkan adalah :
1. Process Explorer atau Sysinternals Suite (sudah include Process Explorer didalamnya). Process Explorer digunakan untuk melihat proses maupun thread yang sedang bejalan di memory pc/laptop kita, dengan fitur pencarian atau filter berdasarkan beberapa kategori (akan dijelaskan pada bagian bawah). Process Explorer dapat anda unduh dari sini atau Sysinternals Suite dari sini. Atau untuk selengkapnya, buka posting ini.
2. Sebagai tambahan anda dapat menggunakan unistaller, untuk membersihkan sisa registry yang belum dihapus oleh default uninstaller wizard.
Penyelesaian :
~ Me-remove TCWin45
1. Mencoba menghapus direktori/folder C:TCWin45 dimana terdapat aplikasi Turbo C. Akan terjadi kesalahan atau pesan error yang memberitahukan bahwa terdapat proses yang sedang berjalan dari salah satu aplikasi di dalam direktori tersebut.
2. Jalankan aplikasi Process Explorer. Kemudian klik tombol
 

Artikel ini rusak karena kesalahan saat proses simpan.

Kemerdekaan Yang Sia-sia
10 Mistakes Every Programmer Makes

Di Bawah Kategori:

Komputer

Ditandai dengan Tag:

Tentang Ardha Gp

» telah menulis 43 artikel

Comments on Uninstall Program Yang "Stuck" di Process Manager

Arsip

Kategori