Solusi Akses FTP Ke Hosting Melalui CloudFlare

FTP
Akses FTP

Bagi teman-teman yang sudah menggunakan fasilitas CloudFlare, mungkin mempunyai masalah yang sama pada akses FTP. Secara default akses FTP dari web hosting biasanya adalah : ftp.situsanda.com (jika menggunakan aplikasi pihak ketiga semacam SmartFTP atau FileZilla) tetapi jika anda telah menggunakan CloudFlare atau Name Server web atau blog anda sudah diarahkan ke Name Server dari CloudFlare maka akses dari ftp.situsanda.com tidak lagi dapat diakses.

Untuk mengatasi permasalahan ini, anda dapat memilih salah satu dari dua solusi yang diberikan oleh CloudFlare yaitu:

1. IP Address – Cara yang pertama adalah menggunakan Ip Address Hosting anda sebagai pengganti ftp.situsanda.com. Untuk account dan passwordnya sesuai dengan account yang sudah anda buat sebelumnya.

2. Direct Access – Cara yang kedua yaitu menggunakan sub domain yang sudah disediakan oleh CloudFlare, yaitu direct.situsanda.com sebagai pengganti ftp.situsanda.com
Kedua cara ini di-bypass oleh CloudFlare, maksudnya tidak ada filter yang dijalankan untuk akses tersebut.
Referensi : https://support.cloudflare.com/kb/troubleshooting/will-re-routing-through-cloudflare-affect-my-use-of-ftp-uploading

Comments on Solusi Akses FTP Ke Hosting Melalui CloudFlare

  • Aditya

    Saya belum mengerti hal ini saya Akses FTP Ke Hosting Melalui FTP dengan FileZilla seperti biasa, seperti sebelum saya pake cloudflare… tapi alhmadulillah bisa akses… maksudnya yang mana sih ini, jadi bingung… 🙂

    • http://ardhagp.com/ Ardha Gp

      Maaf saya baru sempet bales mas, tadi masih repot buat layout newsletter soalnya.. 🙂

      Untuk akses FTP biasanya terjadi kendala ketika domain kita sudah masuk dalam jaringan CloudFlare. Akses ftp tiap-tiap domain biasanya kan seperti ini : (misal: ‘ftp.ardhagp.com’) nah, untuk jalur yang seperti ini memang tidak dapat digunakan. Dan sebagai gantinya bisa mengakses ftp dari ip hosting atau dengan mengganti host yang sebelumnya ‘ftp.ardhagp.com’ menjadi ‘direct.ardhagp.com’.
      Jika akses ftp host mas Aditya gak ada masalah, saya rasa tidak perlu merubah settingan apapun. cara di atas sebagai “Just in case” aja seandainya mas Aditya tidak dapat terhubung ke ftp host menggunakan ftp host yang biasanya dipakai.

  • http://masedi.net/ MasEDI Belajar Ngeblog

    Bener, apalagi klo disetingan DNS default yang di import ke CloudFlare belum memuat record untuk http://ftp.domain.com nya 🙂
    makasih infonya 🙂

    • http://ardhagp.com/ Ardha Gp

      ok, sama-sama mas. semoga membantu. 🙂

  • http://www.agrobuah.com agro, buah

    mas bro salam kenal saya dari agrobuah dot com
    minta petunjuknya aku mengikuti petunjuk mas bro yang ada di atas. saya ada kesulitan .
    untuk mengganti nameserver yang sudah ada apa harus memberitahukan ke perusahaan hosting saya ?
    trus jika tidak di beritahukan perusahaan hosting langsung saja kita ganti milik nameserver CloudFlare apa bisa berfungsi ?
    dan bagaimana cara mengetahui berhasil dan tidaknya ?

    • http://ardhagp.com/ Ardha Gp

      sudah saya balas via email mas, maaf kalo komentar ini masuk ke spam box.

  • http://afifamru.blogspot.com merah

    Mau nanya Mas, saya sudah daftar di CF dan lancar semua kecuali masalah sub domain kok gak bisa diakses ya? gimana cara settingannya?
    Thks

    • http://ardhagp.com/ Ardha Gp

      untuk mengakses subdomain yang telah menggunakan CloudFlare, anda bisa menambahkan nama domain tsb sebagai a-record dengan IP domain hosting anda. untuk menambahkan, merubah maupun menghapus setting subdomain dapat anda akses dari halaman DNS Settings dari dashboard CloudFlare anda.

  • Jajat

    Makasih banyak atas pencerahannya.

    • http://ardhagp.com/ Ardha Gp

      terima kasih kembali mas..

  • FansWebID

    info yang bagus om, thanks sudah share ya

    • http://ardhagp.com/ Ardha Gp

      semoga bermanfaat.. ^_^