Perbedaan Worm Dan Virus

Istilah “virus” selalu digunakan sebagai suatu acuan umum untuk setiap malcodeworm, trojan bahkan hoax yang sesungguhnya bukan sebuah virus (program atau script yang dibuat dengan tujuan membahayakan atau merugikan sebuah system komputer), seperti komputer, berikut adalah beberapa jenis malcode tersebut :

1. Computer virus : merujuk pada program yang memiliki kemampuan untuk ber- reproduksi, menulari program lain dan menjadikan file-file program tertular sebagai file infector.

2. Computer worm : merujuk pada program independen yang memiliki kemampuan untuk ber-reproduksi, menulari system komputer dan walaupun mampu untuk menulari program lain namun tidak bertujuan untuk menjadikan file tertular tersebut sebagai suatu file infector.

3. Trojan horse : merujuk pada program independen yang tampaknya berguna, dan ketika dieksekusi, tanpa sepengetahuan pengguna, juga melaksanakan fungsi-fungsi yang bersifat destruktif dan merugikan.

4. Malicious toolkits : merujuk pada program yang didesain untuk membantu menciptakan program-program yang dapat membahayakan sebuah system komputer. Contoh dari program jenis ini adalah tool pembuat virus dan program yang dibuat untuk membantu proses cracking atau hacking.

Dari beberapa keterangan diatas dapat diperjelas bahwa worm adalah suatu algoritma atau program yang mereproduksi diri sendiri dari system ke system dengan menggunakan media penyimpanan atau suatu jaringan.

Worm tidak menginfeksi file program lain dengan tujuan menjadikan file terinfeksi tersebut sebagai file infector. Worm mampu bekerja tanpa interaksi user, bisa merusak sebuah data secara langsung atau menurunkan kinerja system dengan “mengikat” sumber daya system komputer dan bahkan bisa mematikan sebuah jaringan.

Berbeda dengan virus yang melakukan infeksi dengan ‘menumpang’ pada file program lain, menunggu interaksi user dan menjadikan file terinfeksi sebagai file infector.

Comments on Perbedaan Worm Dan Virus

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com