Neraka DLL

Neraka DLL atau DLL Hell, sangat terkenal di kalangan pengguna Windows. Jika kalian pernah menginstall aplikasi game yang menyebabkan MS Office menjadi tidak bekerja, atau bahkan menyebabkan Windows kalian menjadi ngaco, maka salah satu sebabnya adalah apa yang dinamakan sebagai DLL Hell (neraka DLL).

Fungsi file DLL yang sangat diagung-agungkan adalah penggunaan bersama. Artinya sebuah file DLL (misalnya komponen.dll) bisa digunakan oleh beberapa program. Dengan penggunaan bersama ini, artinya Anda akan menghemat harddisk (karena hanya dibutuhkan 1 file) dan kalian akan menghemat memory (karena hanya 1 file DLL yang dijalankan walaupun kalian menjalankan beberapa program sekaligus).

Semuanya tampaknya sangat indah sampai kallian menyadari bahwa ternyata program yang baru di install, mengganti file DLL yang digunakan bersama dengan versi yang lebih lama. Pergantian file DLL dengan versi yang lebih lama ini, sudah tidak perlu dijelaskan lagi karena sudah pasti akan menyebabkan aplikasi lain yang menggunakan file DLL ini menjadi error atau menjadi berantakan kerjanya.

Pembaharuan atau update file DLL ke versi yang lebih baru tidak lebih baik ceritanya. Versi yang lebih baru tidak selalu kompatible dengan versi yang lebih lama. Kalian tentu pernah merasakan bagaimana Microsoft Office versi lama tidak bisa membuka file Microsoft Office versi yang baru.

Hal yang sama terjadi disini. Ketika program yang baru di install dengan entengnya mengganti file DLL ke versi yang lebih baru, program lain yang membutuhkan DLL versi yang lebih lama tanpa disadari menjadi bermasalah dan tidak bisa dijalankan.

Terkadang tampak sangat aneh, kenapa pergantian sebuah DLL ke versi yang lebih baru bisa menimbulkan sebuah masalah. Bukankah sebuah versi yang lebih baru artinya sebuah perbaikan ? Tidak juga. Terkadang, sebuah perbaikan ternyata menimbulkan permasalahan ditempat lain

Comments on Neraka DLL

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com