My Experience, 4 Years in Logistics

Tahun ini adalah tahun ke empat aku bekerja di bidang Logistic, ya sejak kalau tidak salah, waktu itu 16 Maret 2015 aku pertama join di PT. Eastern Logistics sebagai Dedicated Material Man atau biasa juga disebut Warehouse Man untuk support PETRONAS Java Base. Perusahaan ini bergerak dibidang Oil and Gas Services seperti menyewakan area terbuka, warehouse atau gudang dan sebagainya untuk keperluan PSC atau KKKS.

Buatku pekerjaan ini adalah mimpi yang jadi nyata. Kenapa? Aku cerita sedikit ya.. jauh sebelum ini, aku adalah programmer desktop application yang tiap hari kerjaannya liatin ratusan baris kode dari banyak aplikasi dari beberapa project, cool sih pada waktu itu. Nah, suatu hari aku diajak untuk site visit ke perusahaan yang menggunakan aplikasi yang dibuat tadi, lokasi perusahaan tersebut ada di pelabuhan di Surabaya Utara sana.

Melihat aktivitas bongkar muat container dari kapal ke truk trailer, dari truk trailer kemudian di stacking tinggi di areal yang luas banget. Apalagi kalau malam sudah tiba, this place looks so cool. Saat itu aku bilang dalam hati “Kereennn!“, bisa kerja di tempat seperti ini keren banget apalagi bisa jadi IT Supportnya. Haha.

Voila, tahun 2015 dikabulkan sama Tuhan, Alhamdulillah, Puji Tuhan. 😊

Kembali ke cerita utama ya, sebagai support Petronas dan sebagai Material Man (pekerjaan pertamaku di luar Programmer) banyak banget pengalaman dan ilmu baru yang aku dapatkan.

Di tempat ini jadi tahu pipa (di sini biasanya bilangnya casing) yang ukuran diameternya dari 3/4″ (inch) sampai pipa ukuran 20″, sumpah gede banget.

material man dan casing 18
Ini pipa yang ukuran 18″, yang ukuran 20″ fotonya belom ketemu.. 😄

Selain casing, juga ada yang namanya Buoy dan Sinker, pernah tau gak benda yang ngapung-ngapung di tengah laut buat penanda kapal / site?

Nah, seperti ini penampakan Buoy-nya..

material man dan buoy
Ini namanya Buoy yang biasanya ngapung-ngapung di laut.
material man sedang labeling sinker 6 ton
Ini sinkernya. Satu block sinker beratnya bisa sampai 4~8 ton lho..

Sinker ini fungsinya sebagai pemberat dari buoy di atas. Biar buoy tersebut gak hilang kena arus air laut.

Perusahaan logistik ini juga integrated dengan pelabuhan, jadi gudang – pelabuhan bisa ditempuh cuman 5 menit. Dan yang paling asyik adalah.. Kita punya ini nih..

sepeda kayuh material man
Bisa tetep sehat dan bergerak dalam bekerja.

Sebenernya aku dibidang logistic itu ngapain aja sih? Jawabannya: Banyak.

Selain melakukan proses terima, pengiriman, penyimpanan secara fisik, juga kegiatan secara administratif, baik secara sistem yang sudah terintegrasi, juga pencatatan yang sifatnya manual atau by lembar berserak (baca: spreadsheet) 😅.

Selain itu ada juga aktifitas stock take, preservation lengkap dengan tetek dan bengeknya. Jadi, semua material yang tersimpan di warehouse harus siap dipakai saat dibutuhkan.

Nah terakhir, aku di-assigned di Cylinder Warehouse, dimana fungsinya sebagai tempat untuk menyimpan semua yang berkaitan dengan tabung gas, tugasku disini melakukan aktifitas penerimaan dan pengiriman serta melakukan pencatatannya.

By the way, that’s not me.. 😀

Mudah-mudahan di tulisan berikutnya aku bisa kenalkan teman satu timku yang lumayan funny. Haha..

Oh ya, yang masih penasaran apa itu PT. Eastern Logistics / Lamongan Shorebase boleh disimak artikel berikut : Tentang Lamongan Shorebase.

Comments on My Experience, 4 Years in Logistics

  • luiz Andriko

    Kisah cinta lupa tertulis yaa mas… Hihihihi

    • Ardha Gp

      oiya, lupa.. ada yg ketinggal.

      haha.. next time aku coba tulis kisah cintamu ya mas.. xD

      • luiz Andriko

        Laah laah laaahhh,,, kisah cinta mas tito… Masaa aku… Wkwkwkwkkwk

        • ardhagp

          haha..
          kisah cintanya mas rico kan lebih seru dan berliku.