Steam Tofu Cafe Tahu – Pasuruan

Ditulis oleh , pada 18 August 2013 | 0 Komentar »

Tahu ? Apa yang terlintas di pikiran anda ketika membayangkan makanan satu ini ? Apakah anda membayangkan Tahu goreng crispi? tahu gejrot? Bila disuruh menyebutkan berbagai masakan dari bahan Tahu, berapa banyak yang bisa Anda bayangkan?

Cobalah anda menepi di pinggir jalan raya Karang Ketug sebelah barat Meubel Nusantara Pasuruan. Maka anda tidak akan perlu membayangkan aneka jenis olahan Tahu disana. Ya, cukup datang saja, dan coba berbagai jenis olahan Tahu yang disediakan “Cafe Tahu” . Rumah makan yang membuat saya menepi dari perjalanan mudik denan melirik sekilas tempatnya yang nyaman. Dan beruntungnya saya, Cafe Tahu cukup memuaskan hobi kuliner saya dengan menunya yang tidak familiar nun lezat.

Cafe Tahu yang saya singgahi berada di Jl. Raya Ketug (Sebelah Barat Meubel Nusantara) Pasuran. Jika anda dari arah Surabaya, Cafe Tahu berada tepat di kiri jalan. Anda akan langsung mengenalinya dari Reklame besarnya yang mentereng dengan warna kuning. Atau anda bisa langsung pointing GPS sebagai berikut :

GPS Tracker
Latitude -7.6334
Longitude 112.8901

 

Reklame Cafe Tahu

Perjalanan saya kala itu ditemani dengan cuaca yang amat panas. Namun mencoba makan siang dengan menu di Cafe Tahu tidak membuat saya kehilangan selera. Meskipun pada umumnya aneka olahan Tahu akan sangat nikmat bila di santap di pagi hari, sore yang sejuk atau cuaca dingin. Berikut adalah menu di Cafe Tahu dan harganya ^^ ;

Menu Soft Tofu
 Bean Curd Gulung  Rp. 14.500,-
 Tofu Jamur Telur Bombay  Rp. 14.500,-
 Tofu Asam Manis Thailand  Rp. 14.500,-
 Tofu Quaker Oat Mayonese  Rp. 14.500,-

 

Aneka Teh
Green Tea (bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan) Rp. 5.000,-/Rp. 11.000,- POT
Tarrik Tea (teh susu tanpa lemak) Rp. 5.000,-/Rp. 11.000,- POT
Chrysantheum (meredakan panas dalam) Rp. 5.000,-/Rp. 11.000,- POT
Lo Han Kuo Infusion\(menurunkan panas, menguatkan paru-paru,meredakan batuk & menghilangkan riak) Rp. 5.000,-/Rp. 11.000,- POT

 

Sebelum saya sebutkan lagi menunya, di bawah ini adalah gambar Cafe Tahu yang sarat dengan nuansa Dinding Bambu. Kondisi aga panas, karena beberapa kipas angin saja yang menyala sedang. Tampak sepi (mungkin karena cuaca yang sangat panas) mengingat perjalanan ini saya lakukan tepat pada hari dimana semua orang sedang sibuk-sibuknya menunaikan upacara menyambut  HUT kemerdekaan RI ^^

Lesehan Di Cafe Tahu

Tampak lengang dan hanya sedikit pengunjung yang terlihat.

 

Suasana Lengang Di Cafe Tahu

Bersih ^ ^ dan nyaman meski bangku lesehannya lumayan berdebu.

 

Menu Steam Tofu
Steam Tofu Salmon (Omega3) Rp. 27.000,-
Steam Tofu Ayam Keju Rp. 19.000,-
Steam Tuna Keju Rp. 19.000,-
Steam Tofu Tuna Rp. 18.000,-
Steeam Tofu Ayam Cincang Rp. 18.000,-
Steam Tofu Mackarel (Pedas) Rp. 18.000,-
Steam Tofu Sapi Cincang Rp. 18.000,-
Steam Tofu Sayur Mente Rp. 18.000,-
Steam Tofu Mix Jamur Rp. 18.000,-
Steam Tofu Jamur Putih Telur Rp. 18.000,-
Aneka Masakan Tahu
Tahu Gimbal Rp. 11.700,-
Tahu Pong Rp. 11.700,-
Tahu Gejrot Rp. 11.700,-
Tahu Gembrot Rp. 11.700,-
Tahu Penyet Rp. 11.700,-
Tahu Bum Rp. 11.700,-
Tahu Tek Rp. 11.700,-
Tahu Campur Rp. 11.700,-
Tahu Sayur Asin Rp. 11.700,-
Tahu Fu Yung Hai Rp. 11.700,-
Tahu Telur Rp. 11.700,-
Tahu Mie Kepyok Rp. 11.700,-
Tahu Mie Bakso Rp. 11.700,-
Tahu Bakso Kuah Rp. 11.700,-
Tahu Batagor Rp. 11.700,-
Tahu Guling Rp. 11.700,-
Tahu Gado Gado Rp. 11.700,-
Tahu Mayo Keju Rp. 14.500.-
Tahu Pempek Rp. 14.500.-
Steak Tahu Tuna Rp. 14.500,-
Nasi Putih Rp.   4.000.-
Aneka Soup Tahu 
Soup Tahu Sutra Rp.   7.000.-
Soup Tahu Sayur ASin Rp.   7.000.
Soup Kembang Tahu Rp.   8.500.
Soup Sapo Tahu Rp.   8.500.
Soup Mun Tahu Rp.   8.500.-

 

Di siang hari yang panas waktu itu saya mencoba menu hangat Steam Tofu Mix Jamur, Steam Tofu Mackarel (Pedas), Steam Tofu Jamur Putih Telur (karena penasaran) ^  ^ ‘ padahal cuaca siang itu benar-benar panas. Lengkap pula dengan Teh Hangat Manis. Sepintas melihat prosinya yang sedikit membuat saya pesimis. “Apakah saya bisa kenyang ?” Dan ternyata.. diluar dugaan, seporsi itu membuat perut jadi terisi.

Steam Tofu Mix Jamur

Steam Tofu Mix Jamur ini tersaji hangat dan sebenarnya cocok di santap dihari berhujan.

Satu kata : “Gurih” namun tidak terlalu segar. Sayurannya (brokoli, sawi, kacang, bawang bombay, jamur kancng, dan jamur kuping) matang sempurna. Ada sedikit irisan ayam cincang. Tofunya lembut (tofu sutra kan memang lembut  > _ < ), dan terasa gurih (terlepas dari rasa kuahnya yang juga gurih).

Secara keseluruhan, rasa yang begitu kuat di mulut saya kala itu adalah keju daripada jamur. Sedikit saran dari saya yang awam dan baru mencoba Steam ini, hendaknya satu porsi ini dibagi berdua saja dengan teman seperjalanan anda ^ ^”. “Kenapa bagi dua?” Ini untuk anda bisa menikmatinya tapa menimbulkan rasa eneg yang bisa menghilangkan selera. Sebaiknya santap steam ini di hari berhujan, atau malam yang dingin, atau pagi hari yang masih sejuk.  n__n

Steam Tofu Mackarel (Pedas)

Kuah merah dan mackarelnya tampak familiar bukan ? ^ ^

Sebenarnya saya memesan Steam Tofu Tuna, tapi siang itu waiter bilang tofu tunanya habis  ~ __ ~ .
Ada kata pedas di nama menu steam ini. Apakah benar-benar pedas ? Jawabnaya “Tidak”. Gurihnya tofu, manisnya saus, mengalahkan “garang”nya irisan cabe merah besar dan bawang bombay pada kuah Steam Tofu Mackarel (Pedas) ini. Perpaduan yang pas, tidak terlalu asin, manis, dan pedas. Sedikit tambahan bawang merah goreng mungkin akan memberikan citarasa yang sedikit berbeda. Dan saya menemukan sedikit irisan jamur kuping pada kuahnya. Rasanya seperti makan sardin kalengan, cuma yang membedakan adalah kehadiran si tahu sutra dan olahannya.

Steam Tofu Jamur Putih Telur

Benar-benar seperti makanan orang sakit ya~

Lama.. sekitar 20 menit saya menunggu Steam ini ada di hadapan saya. Steam ini membuat saya penasaran karena tidak ada gambarnya di buku menu. Atau mata saya yang kurang jeli ? Saat team ini tersaji, saya kaget dengan porsinya yang sedikit. Dan sedikit curhat juga, porsi makan saya seperti kuli bangunan yang baru saja selesai bekerja. > _ < banyak.. Tak ada sayuran yang bisa anda temukan di steam ini selain satu irisan jamur kuping di dalamnya. Dan setelah merasakannya..  akhirnya saya bisa setuju dengan cara penyajianya, piring oval yang cukup kecil bila dibandingkan dengan piring dua steam di atas.

Lupakan, kembali ke rasa ! bukan piring ^  ^. Saya bisa setuju dengan porsinya karena, benar-benar akan membuat perut saya terasa aneh jika memakan seporsi besar steam ini. Tofunya gurih.. terendam dalam rebusan putih telur yang juga gurih… Tapi untungnya, saya melahap habis steam ini dengan bantuan beberapa sendok tambahan kuah steam mackarel. Hingga tidak ada dominant rasa gurih saja dilidah. Santap makan ini selagi masih hangat di cuaca sejuk.

Oleh-oleh untuk kerabat yang bisa didapatkan di Cafe Tahu
Anda bisa membawa pulang aneka Tahu kemasan dari Cafe Tahu cabang Pasuruan ini seperti :

  • Tahu Pong (Isi 6/pak) Rp. 9.500,-
  • Tahu Halus (isi 1 / pak) Rp. 6.000,-

Dan sebenarnya masih banyak aneka jajan tahu yang bisa dibungkus untuk dijadikan buah tangan seperti Tahu isi daging. Karena saya harus memacu waktu untuk tiba di tempat tujuan saya, maka saya tak sempat mengambil refrensi  aneka jajanan tahu lainnya dan jenis minuman yang ada di Cafe Tahu.
Tertarik untuk bertandang ke Cafe Tahu ?
Lidah seseorang tentu berbeda-beda, karena itu rasa juga relatif. ^  ^  Mungkin sudah banyak yang mereview masakan Cafe Tahu mengingat cabangnya ada dimana-mana, hingga tulisan ini pun berbeda tanggapanya. Jadi silahkan untuk mencobanya (sesuaikan dengan kantong ya).

EASEUS iPhone Photo Recovery – Free

Di Bawah Kategori:

Kuliner

Ditandai dengan Tag:

Tentang Mawar Alanisa

» telah menulis 7 artikel

Comments on Steam Tofu Cafe Tahu – Pasuruan

Arsip

Kategori