Antisipasi Algoritma Google Panda

Ditulis oleh , pada 9 Juli 2011 | 6 Komentar »
Google Panda Algorithm

Google Panda Algorithm

Diawali dengan penghapusan domain Co.Cc dari daftar indexnya, Google mengumumkan tentang penggunaan algoritma yang diberi nama “Panda” atau lebih dikenal dengan Google Panda, banyak pihak yang merasa senang begitu pula sebaliknya. Algorima baru ini digunakan oleh Google agar pengununjung mendapatkan hasil pencarian yang lebih berkualitas, serta menekan aktivitas Content Farm dimana sebuah perusahaan yang mempekerjakan banyak orang untuk menulis artikel agar dapat memenuhi kriteria search engine dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan dari iklan.

Inilah yang membuat banyak pihak gerah, kenapa? Karena algoritma ini (dari berbagai sumber yang sudah dibaca) akan memeriksa konten web yang ada, apakah konten tersebut merupakan konten yang asal copas (copy-paste) ataukah konten original. Bisa dipastikan PR (PageRank) mereka yang mempunyai konten yang tidak termasuk dalam kategori yang berkualitas akan turun.

Dan pada akhirnya ada pertanyaan “Bagaimana mengantisipasinya”, dari penelusuran blog-blog dan web yang mengulas tentang SEO, paling tidak ada 20 cara yang dapat diterapkan untuk mengantisipasi (bagi mereka yang belum terlanjur menuliskan konten duplikasi) diantaranya adalah sebagai berikut:

20 Faktor positif yang berpengaruh pada Google PageRank :

Kecepatan Situs – merupakan faktor resmi yang digunakan google untuk menentukan rank anda. “Lebih cepat lebih baik” :-) gunakan sedikit tema dan plugin yang meload gambar yang tidak perlu, terutama rich media.

Social Network – Google menggunakan hasil pencarian dari media social network semacam Twitter, Quora dan FriendFeed. Jika anda mempunyai akun di social network tersebut ada baiknya anda hubungkan dengan blog anda.

Kegunaan – Rank anda akan ditentukan oleh user yang berkunjung ke situs anda. Pengunjung yang menentukan apakah situs anda berkualitas atau tidak.

Outgoing Links – link keluar yang bermanfaat akan menambah rank anda. Jadi tetap arahkan pengunjung anda ke web-web yang bermanfaat. Hal ini sangat di oleh SEO.

Google +1 – Vote atau klik pada tombol +1 di web anda akan sangat berpengaruh terhadap rank anda.

Branding – Buatlah brand atau merek unik yang mewakili situs anda, dan pastikan orang tahu nama dan link yang anda gunakan.

SERP CTR – Search Engine Resul Page, yaitu dihitung dari hasil pencarian. Semakin banyak orang yang meng-klik link anda dari hasil pencarian maka akan semakin baik.

Mudah dibaca – Jangan gunakan bahasa tingkat tinggi, gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pengunjung.

Rasio iklan dengan konten – Jangan tampilkan banyak iklan di web anda, tampilkan iklan yang proporsional dengan konten yang anda tampilkan.

Topik – Tentukan apa yang akan anda ulas dalam web anda.

Umur halaman – Selalu perbarui artikel anda, karena umur halaman yang semakin lama maka semakin sedikit orang yang menyukainya.

Kecepatan link – Yaitu kecepatan link yang masuk ke halaman situs anda.

Link kadaluarsa – Usahakan jangan sampai ada broken link dalam situs anda. Hal ini sering terjadi apabila suatu link sudah terlalu lama (artikel-artikel lawas).

Internal Link – Gunakan link yang lebih detail, misal : gunakan kata “Layanan SEO” daripada kata “Layanan”.

ALT text – ALT yang ada pada image juga mempengaruhi rank anda. Inget, isikan ALT Text-nya juga, jangan cuman descriptionnya saja. OK. :-)

Posisi link dalam halaman – Posisi link dapat menentukan rank anda, link yang terdapat di dalam konten atau editorial lebih disukai Google.

Natural Link profile – Intinya, rank yang anda dapatkan sesuai dengan situs dimana anda meletakkan brand anda, deep link, dan link nofollow.

Kedalaman rasio link – Maksudnya, situs yang mempunyai banyak halaman yang berstruktur hierarki sangat penting jika suatu konten terhubung dengan konten lain yang terletak dalam struktur hierarki yang lebih dalam. Hal ini disebut “Long tail content”

Geografis link – Geografis juga akan sangat berpengaruh, kita andaikan saja, jika web anda ditujukan untuk kawasan amerika, maka jangan publish artikel siang hari, karena perbedaan waktu indonesia dan amerika adalah 12 jam. Publishlah diwaktu mana web anda ditujukan.

Keragaman backlink – Nah ini pasti tak asing, yah, keberagaman backlink dari berbagai situs dapat mempengaruhi page rank anda. Jadi istilahnya promosikan situs anda di web orang lain. Hehehe… :-P

Artikel ini dibaca, dan ubah ke dalam Bahasa Indonesia yang mudah dipahami (mudah-mudahan)

Sumber : http://www.seoptimise.com/blog/2011/06/30-new-google-ranking-factors-you-may-over-or-underestimate.html

 

*Bagi teman-teman yang sudah terlanjur “Content Farm”, ada baiknya anda memperbaiki konten daripada dihapus Google.. :ngacir:

Connection String Class Sederhana
10 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Menggunakan PageRank

Di Bawah Kategori:

Komputer

Ditandai dengan Tag:

Tentang Ardha Gp

Hanya seorang coder yang suka melakukan hal sederhana. Penyuka anime klasik, game tester (kalo ada waktu) dan ingin belajar banyak tentang VB.NET, Database, dan jaringan. Temukan saya di Google+ Ardha Gp.

» telah menulis 42 artikel

6 Komentar

  1. andisetianusa
    Ditulis tanggal: 11 Februari 2012

    terima kasih atas tips nya gan

    Balas
  2. miztiz
    Ditulis tanggal: 10 September 2011

    saya cuma bingung gan,seandainya saya menuliskan artikel posting di format ofline dan ga ada pilihan lain agar mempersingkat waktu harus copy paste dari dokumen pribadi saya apakah ntar akan tetap di anggap copas postingan oleh google alogaritma panda trsebut?

    klo iya kacau donk,masa saya harus duduk berjam jam hanya untuk menuliskan sebuah artikel saja.:(

    maaf klo pertanyaannya dangkal gan,saya masih newbie n masih harus banyak belajar.

    Balas
    • Ditulis tanggal: 11 September 2011

      oh bukan itu gan, maksud artikel copas itu artikel agan sama persis dengan artikel lain yang sudah pernah dituliskan di blog / alamat situs yang lain.
      kalo agan bikin sendiri tuh artikel, selama artikel itu belum pernah di-publish sebelumnya, gak akan dianggap copas.

      oia, ane ada solusi buat agan kalo upload artikel dari MS Word atau MS Word 2007 (doc dan docx) bisa langsung diupload ko’ pake plugin Post Office dan DOCX to HTML. tapi sayangnya ini plugin ane nemu cuman buat wordpress, kalo blogspot ane belom taw ada apa gak… :D semoga membantu dah…

      Note: ane juga masih belajar. hanya tau sedikit. :)

      Balas
  3. bendol
    Ditulis tanggal: 31 Juli 2011

    to iki beny ganteng,,, awkwakwakakw :shakehand2

    Balas
    • bendol
      Ditulis tanggal: 31 Juli 2011

      nice post,,,, xD

      Balas

Tinggalkan Pesan

Translate This Page

Pilih Kategori

Pilih Arsip

Berlangganan

%d blogger menyukai ini: